Home  /  Resep Daerah  /  Resep Masakan Bengkulu  / Resep Tempoyak Durian Khas Bengkulu

Resep Tempoyak Durian Khas Bengkulu


Resep Tempoyak Durian Khas Bengkulu

Tempoyak merupakan salah satu makanan khas Bengkulu yang terbuat dari bahan dasar buah durian, makanan ini juga sangat banyak digemari masyarakat luas.

Buah durian merupakan bahan dasar yang diperlukan untuk membuat Resep Tempoyak ini, tapi anda jangan menggunakan bahan dasarnya dengan buah durian montong, karena memang kualitas dari durian montong sendiri sangat tidak bagus bila digunakan untuk membuat Tempoyak ini.

Tempoyak durian ini merupakan salah satu makanan khas Bengkulu yang cara membuatnya sangat mudah sekali, yaitu anda hanya cukup memilih buah durian yang kualitas local dan kemudian anda ambil dari daging buahnya lalu ditambahkan sedikit garam dan ulekan cabai rawit merah, dan kemudian disimpan didalam toples selama 3-5 hari. Ok langsung saja anda simak selengkapnya.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat resep tempoyak durian khas Bengkulu :

  • Buah Durian
  • Garam
  • Cabai Rawit

Cara membuat tempoyak durian khas Bengkulu :

  1. Pertama anda siapkan buah durian yang matang, nah kemudian anda pilih durian local untuk mendapatkan hasil tempoyak yang baik. Namun jika anda menggunakan jenis durian montong maka hasilnya agak kurang bagus karena durian montong terlalu banyak mengandung air dan gas.
  2. Lalu anda pisahkan biji durian dari daging buahnya, yang dibutuhkan untuk bahan tempoyaknya yaitu daging dari duriannya.
  3. Kemudian anda berikan sedikit garam untuk memberi rasa asin pada daging durian, tanpa menghilangkan rasa manisnya dan kemudian anda aduk hingga merata.
  4. Tambahkan sedikit cabai rawit yang sudah diulek. Aduk daging duriannya hingga rata. Selain menambahkan rasa pedas, cabai rawit juga dapat mempercepat proses fermentasi.
  5. Setelah selesai, anda simpan daging durian yang sudah diaduk tadi kedalam wadah tertutup (lebih baik gunakan topless dan simpan pada suhu ruangan).
  6. Biasanya proses fermentasi durian (menjadi tempoyak) berlangsung selama 3-5 hari.
  7. Nah setelah anda menunggu proses fermentasi selama 3-5 hari, silahkan anda nikmati tempoyaknya.

Nah seperti itulah proses pembuatan tempoyak durian khas Bengkulu yang rasanya enak sekali, anda juga bisa membuat Resep Khas Bengkulu lainnya.

Selamat mencoba.

Related Post


Resep Masakan Pendap Khas Bengkulu Yang Enak dan Lezat
Resep Masakan Pendap Khas Bengkulu Yang Enak dan Lezat

Pendap merupakan masakan khas bengkulu yang terbuat dari bahan dasar…

Resep Makanan Gulai Rebung Asam Ikan Laut Khas Bengkulu
Resep Makanan Gulai Rebung Asam Ikan Laut Khas Bengkulu

Gulai rebung merupakan salah satu makanan khas bengkulu, namun masakan…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *